Senin, 11 Agustus 2008
Rekor Enting-Enting Terpanjang Oleh Muri

SALATIGA- Pawai lebih dari 1.000 siswa sekolah dan kelompok masyarakat yang dilepas Wali Kota Salatiga John Manoppo SH di halaman Balai Kota, berupaya mencatatkan diri di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Sabtu (11/8) pagi.

Pawai keliling Kota Salatiga yang berlangsung hingga siang hari itu, menarik perhatian ribuan warga yang menonton di tepi jalan. Nugroho Budi Santoso SE, panitia kegiatan menjelaskan, upaya mencatatkan rekor Muri merupakan bagian dari peringatan Hari Jadi Ke-1257 Kota Salatiga dan HUT Ke-62 Kemerdekaan RI.

Peran serta lebih dari 20 masyarakat dari perwakilan dukuh dan kelurahan, serta sejumlah sekolah, diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap Kota Salatiga. ''Kami berharap kegiatan ini dapat dicatat di Muri,'' kata Nugroho.

Peserta pawai sekolah terdiri atas SMPN 10, SMP Kristen, SMPN 1, dan beberapa sekolah lainnya. Sedangkan dari kelompok masyarakat, seperti drum band botol aqua 500 warga Dukuh Pancuran dan Dukuh Kalioso, Kelurahan Kutowinangun, serta dukuh lainnya.

Pawai

Upaya pencatatan rekor Muri dilakukan dengan pawai peserta lebih dari 1.326 orang menggunakan sandal tradisional teklek, dan baris mundur 25 personel Batalyon Infantri 411/Kostrad Salatiga sejauh 4,011 kilometer.

Kemudian, pada hari Minggu dicatat pula rekor Muri untuk teklek terbesar dengan panjang 4,5 meter dan lebar 1,7 meter (Hari Kemerdekaan). Lalu, pembuatan enting-enting gepuk sebagai makanan khas Kota Salatiga dengan panjang 125,7 meter (Hari Jadi Salatiga). Pembuatan enting-enting menghabiskan 80 kilogram gula dan kacang yang dibuat selama tiga jam. Makanan itu dibuat oleh lima karyawan enting-enting cap Gedung. Sri Widayati dari Muri Semarang mengatakan, empat rekor baru sekaligus di Kota Salatiga merupakan kali pertama. Kegiatan itu melibatkan masyarakat dalam jumlah sangat banyak. (H2,J12-37)

 

  • Parade Sandal Teklek Dengan Peserta Terbanyak, 1.326 Peserta
  • Jalan Mundur dengan Jarak terjauh, 4.011 meter
  • Pembuatan Enting-enting Gepuk terpanjang, 125,7 meter
  • Sandal Teklek Terbesar, lebar 1,7 meter; panjang 4,5 meter

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0708/13/kot17.htm dan http://muri-rekor.blogspot.com/2007/09/parade-sandal-teklek-dengan-peserta.html

 Berita Terbaru